Kamis, 13 November 2014

Jurnal 1: Analisa Jurnal Pembuatan Simulasi Pergerakkan Objek 3D (Tiga Dimensi) Menggunakan OpenGL


Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan hasil analisa saya terhadap tiga buah Jurnal yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik.

Judul Jurnal: Pembuatan Simulasi Pergerakkan Objek 3D (Tiga Dimensi) Menggunakan OpenGL
Penulis: Deddy Suhardiman, S.T.G. Kaunang, Rizal Sengkey, Arthur M.Rumagit

Jurusan: Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UNSRAT, Manado

Analisa yang akan saya jelaskan pada jurnal pertama ini mengenai bagaimana membuat sebuah pergerakkan objek 3D menggunakan OpenGL.

Desain Pemodelan Grafik merupakan ilmu yang mempelajari sebuah proses untuk membuat dan menciptakan objek baru berupa seni terapan, arsitektur dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa oleh perangkat lunak sebagai tahapan awal untuk pembuatan sekaligus memanipulasi objek dan citra.

Sebelum membahas mengenai pembuatan objek 3D, alangkah baiknya bila kita mengetahui apa itu Grafika Komputer dan Aplikasi yang akan dipakai, yaitu OpenGL.

Grafika Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Sedangkan OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar API yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik, baik dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D). OpenGL ini bersifat cross-platform, artinya dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi yang ada saat ini.

Dalam pembuatan objek 3D menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya pada proteksi objek. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL.

OpenGL mendukung beberapa fitur didalamnya, yaitu lighting, shading, texture, mapping, blending, transparancy, dan banyak kemampuan efek khusus lainnya. Selain itu, OpenGL mempunyai banyak fungsi dan penggunaan perintah yang sangat luas. Penggunaan OpenGL membutuhkan library tambahan yang harus di letakkan pada direktori sistem dari windows (OS).

Setelah kita mengetahui apa itu Grafika Komputer dan aplikasi OpenGL, saya akan menganalisis mengenai aplikasi pembuatan berupa simulasi pesawat terbang.

Dalam pembuatan pesawat terbang, terdapat beberapa pembentukkan objek-objek seperti badan pesawat, baling-baling depan, sayap, roda pesawat, dan sayap belakang. Kemudian digabung menjadi satu bagian pesawat. Adapun pembentukan tanah, rumput, dan jalan.


Dalam pembuatan objek, setiap bagian pesawat dibuat terpisah lalu digabungkan menjadi satu. Setelah terbentuk objek-objek, agar tampilan lebih menarik objek diberi warna. Dan untuk membuat  objek rumput dan jalan menggunakan objek dasar plan yag diatur skalanya lalu beri tekstur yang dipilih.

Dengan begitu, pembuatan pergerakkan objek 3D pada aplikasi OpenGL juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, diantaranya:

Kelebihan:

·         Memungkinkan fleksibilitas yang besar dalam proses menghasilkan gambar.

·         Aplikasi ini gratis untuk trade-offrendering kecepatan dan kualitas gambar dengan mengubah langkah-langkah di mana foto tersebut diambil

·         OpenGL dapat dikombinasikan sebagai building blocks untuk menciptakan teknik inovatif dan menghasilkan kemampuan baru grafis.

Kekurangan:

·         Kurangnya ketepatan pixel yang muncul dalam pembuatan objek.

·         Spesifikasi OpenGL tidak tepat piksel. Ini berarti bahwa dua implementasi yang berbeda OpenGL sangat tidak mungkin untuk membuat gambar yang sama persis. Hal ini memungkinkan OpenGL untuk diimplementasikan di berbagai platform perangkat keras.

Kesimpulan:

Dalam pembuatan objek 3D pada aplikasi OpenGL membutuhkan berbagai macam fungsi/perintah yang terdapat dalam OpenGL. Dalam pembuatan suatu objek, terdapat beberapa bentuk yang akan disatukan, kemudian pengaturan skala dan tekstur juga diterapkan dalam pembuatan objek pesawat terbang.

Cukup sekian analisa dari saya mengenai pemodelan grafik pada OpenGL. Semoga dapat memberikan wawasan dan dapat dipelajari dengan baik oleh teman-teman sekalian. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar