Rabu, 21 November 2012

Lapisan Masyarakat & Kesamaan Derajat Dalam Ilmu Sosial


·         Lapisan Masyarakat
   Sebelum menjelaskan tentang lapisan sosial dan kesamaan derajat dalam ilmu social, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian dari pelapisan sosial.

   Pelapisan sosial adalah pengelompokan antara penduduk dengan masyarakat secara bertingkat (dari atas ke bawah), dimana membedakannya dengan cara mengklasifikasikan kelas-kelas atau tingkatan-tingkatan tersebut. Wujudnya adalah terdapat lapisan-lapisan di dalam masyarakat diantaranya ada kelas sosial tinggi, sedang dan rendah.
   Pelapisan sosial merupakan perbedaan tinggi dan rendahnya kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompoknya, bila dibandingkan dengan posisi seseorang maupun kelompok lainnya. Dasar tinggi dan rendahnya lapisan sosial seseorang itu disebabkan oleh bermacam-macam perbedaan, seperti kekayaan di bidang ekonomi, nilai-nilai sosial, serta kekuasaan dan wewenang.

   Masyarakat terbentuk dari individu-individu. Individu-individu yang terdiri dari berbagai  latar belakang tentu akan membentuk suatu masyarakat yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial. Dengan terjadinya kelompok sosial itu maka terbentuklah suatu pelapisan masyarakat atau masyarakat yang berstrata.

·       Kesamaan derajat dalam ilmu sosial.

   Kesamaan derajat manusia dalam bersosial tidak jauh dari kata harta kekayaan, tingkatan sosial maupun kekuasaan, namun penilaian derajat tidak hanya terlihat dari itu semua. Dalam bermasyarakat, hendaklah menganggap semua orang itu sama, sama-sama mempunyai hak dan kewajiban. Kesamaan derajat seringkali menjadi konflik antar masyarakat, ada yang merasa dirinya adalah sosok penguasa yang memiliki nilai derajat yang tinggi namun ada pula yang merasa dirinya memiliki derajat yang sama dengan manusia yang lain. Oleh karena itu, manusia sebagai ciptaan tuhan yang paling sempurna hendaknya tidak menilai orang lain dari tinggi atau rendahnya derajat orang tersebut.



Irma Farhanah
53412804
1IA14    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar